Monday, August 17, 2020

Contoh Menu Dan Manfaat Makanan Sehat

Makanan 5 sehat 4 sempurna adalah menu makanan yang terdapat kandungan karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral. Dalam 5 sehat 4 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan menjadi 5 sempurna dengan susu. Untuk makanan pokok, di Indonesia biasa menggunakan nasi sebagai makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Sementara lauk pauk sebagai sumber protein, dan sayuran serta buah-buahan sebagai sumber mineral dan vitamin.

 Konsep 5 sehat 4 sempurna bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan gizi dan nutrisi agar tubuh sehat dan tidak mudah sakit. Makanan pokok adalah makanan yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Makanan yang memiliki kandungan sumber energi adalah makanan yang kaya dengan karbohidrat. Fungsi dari karbohidrat sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan menjaga energi di dalam tubuh. 

Nasi biasa dijadikan makanan pokok sebagai sumber energi tubuh karena kandungan karbohidratnya. Karbohidrat ini sangat penting sebagai sumber energi dan tenaga di dalam tubuh. Walaupun baik, namun sebaiknya mengganti kebiasaan mengkonsumsi nasi putih dengan nasi merah. Karena di nasi merah terdapat kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat sederhana yang mampu menambah energi dan lebih mengenyangkan sebab asupannya tidak melebihi 330 kalori/hari.

Selain itu nasi merah mengandung indeks glikemik yang lebih rendah sehingga nasi merah lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tak cuma sampai disitu, nasi merah juga mengandung serat dan vitamin B yang lebih banyak bila dibandingkan dengan nasi putih. Hal ini menjadikan nasi merah lebih aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi, atau bisa juga bagi kamu yang sedang diet. 

Ditambah lagi, nasi merah juga mengandung vitamin B6 dan antioksidan yang bisa menjaga keseimbangan hormon serotonin dan memproduksi sel-sel DNA, dan mampu menangkis kolesterol jahat. Lauk pauk biasa dimakan sebagai pendamping makanan pokok. Kandungan gizi yang terkandung di dalam lauk pauk yaitu protein. Protein ini sangat bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan fungsi hormon di dalam tubuh, dan membangun serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. 

Beberapa contoh lauk pauk yang mengandung protein adalah: Daging ayam, sapi, kambing, ikan, tahu, talur, tempe. Sumber protein sendiri bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, protein hewani dan nabati. Protein hewani bisa kamu dapatkan dari sumber makanan seperti ayam, sapi, kambing, ikan, bebek, telur, dan juga seafood.

Sedangkan protein nabati bisa kamu dapatkan dari biji-bijian, tempe, tahu, atau kacang-kacangan. Sumber makanan berikutnya adalah sayur-sayuran. Sayuran kaya akan kandungan serat dan vitamin. Serat dan vitamin ini berfungsi untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Selain itu juga dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dapat menjaga daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit. Sayuran yang paling baik adalah sayuran yang berwarna hijau seperti: bayam, sawi, kangkung, daun pepaya, brokoli, daun singkong, dll. 

Warna hijau pada sayuran tersebut mengidentifikasikan adanya kandungan klorofil yang merupakan sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh supaya selamat dari berbagai kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas. http://www.ingilizcesirinevler.com/preparation-to-play-online-slot-gambling/ Selain itu juga sayur-sayuran yang berwarna hijau kaya akan kandungan sulforaphane dan isothiocyanate yang mempunyai sifat antikanker. Intinya selain terdapat berbagai macam vitamin, antioksidan dan mineral, sayuran juga menjadi sumber serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. 

Sumber makanan 5 sehat 4 sempurna berikutnya dalah buah-buahan. Buah-buahan ini amat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sama halnya seperti sayur-sayuran, kandungan gizi yang ada di dalam buah-buahan adalah mineral dan serat.

Dan tahukah kamu, bahwa ternyata dibalik warna buahnya terkandung nutrisi yang berbeda-beda. Contohnya buah yang mempunyai warna hijau, bukan hanya kaya akan vitamin C. Tapi juga terdapat kandungan kalsium, folat, dan juga betakaroten. Sehingga sangat baik dikosumsei oleh penderita pencernaan, kolesterol, kesehatan mata, dan dapat melawan radikal bebas. Lain halnya dengan buah yang berwarna kuning yang kaya akan kandungan vitamin C, betakaroten, dan kalium. Kalium ini dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sistem metabolisme, dan mencegah kanker. 

Kemudian untuk buah yang berwarna ungu terdapat kandungan magnesium yang sangat bermanfaat untuk mencegah kolesterol, mengatasi pencernaan, menjaga sistem imun tubuh, dan sebagai antiradang. Dan untuk buah yang berwarna merah diharapkan dapat membuat asam ellagic dan hesperidin yang bersifat anti-kanker karena dapat menyangkal radikal bebas. 

Susu adalah penyempurnaan dari makanan 4 sehat yang sudah diuraikan diatas untuk menjadi pelengkap gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di dalam susu antara lain: Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12, fosfor, dan kalsium. Dengan mengkonsumsi makanan 5 sehat 4 sempurna ini maka kebutuhan gizi kamu akan terpenuhi sehingga diharapkan kamu bisa menjalani segala aktifitas kehidupan dengan badan yang sehat dan tidak mudah sakit.

Kandungan gizi yang terdapat pada sayur-sayuran adalah vitamin dan serat. Vitamin dan serat berfungsi untuk membantu pencernaan dan melancarkan pembuangan kotoran di dalam tubuh, selain itu juga untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Jenis sayuran yang baik adalah sayuran yang berwarna hijau. Contoh sayuran yang bermanfaat itu adalah bayam dan brokoli.

 Kandungan gizi yang terdapat pada sayur-sayuran adalah vitamin dan mineral. Hampir sama dengan sayuran, buah-buahan juga berfungsi untuk untuk kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Contoh buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral adalah pisang, pepaya, nanas, salak, mangga, kelengkeng, melon, semangka, jeruk, jambu air, anggur, sirsak, apel, rambutan, alpukat, jambu biji, dan stroberi. Susu adalah pelengkap atau penyempurna dari daftar menu makanan 4 sehat yang telah disebutkan diatas. Sebagai penyempurna dalam melengkapi kebutuhan gizi, susu wajib untuk Anda masukan dalam daftar menu makanan Anda sehari-hari. Kandungan gizi yang terdapat pada susu adalah kalsium, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, dan fosfor. • Mencegah Kanker Usus. Nah, sekian dulu ya artikel mengenai contoh dan manfaat makanan 5 sehat 4 sempurna.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.