Monday, August 17, 2020

Gizi Seimbang Sesuai Usia

Prinsip tersebut kini sudah digantikan dengan prinsip Gizi Seimbang. Yuk, simak poin-poin penting yang ada di dalam Pedoman Gizi Seimbang (PGS) untuk semua kelompok usia! Ketahui visualisasi gizi seimbang melalui penampakan Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) dan Piring Makanku untuk memudahkan Anda memahami dan menerapkan Gizi Seimbang. Temukan pula pesan umum gizi seimbang untuk semua kalangan usia. Apa Itu Gizi Seimbang? Gizi Seimbang adalah prinsip pengonsumsian makanan harian yang didasarkan pada angka kecukupan jenis dan jumlah zat gizi sesuai karakter (usia, jenis kelamin, dan kondisi fisiologis) dan memerhatikan 4 Pilar Gizi Seimbang. Prinsip 4 Sehat 5 Sempurna hanya menekankan pada adanya 5 jenis makanan, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur, buah, dan susu. Ketika Anda memiliki konsumsi harian yang menyertakan 5 jenis makanan tersebut, maka Anda sudah menerapkan prinsip ini. Seiring perkembangan zaman dan permasalahan gizi, prinsip ini sudah tidak relevan. Makanan gizi seimbang tidak cukup hanya dengan memerhatikan kehadiran 5 jenis makanan tersebut melainkan juga perlu mencukupi jenis dan jumlah zat gizi sesuai usia dan fisiologis. Sampai sini, apakah Anda sudah menemukan perbedaan kedua prinsip ini? Baca Juga: 11 Makanan Superfood yang Terbukti Super Sehat untuk Tubuh!


Pedoman Gizi Seimbang memiliki 4 pilar yang penting untuk mencapai tujuan-tujuan Gizi Seimbang. Kepatuhan dalam menjalankan 4 Pilar Gizi Seimbang ini bisa menyeimbangkan zat gizi yang masuk dan keluar sehingga befek positif bagi tubuh. Pilar pertama yang penting di dalam pedoman Gizi Seimbang adalah mengonsumsi beragam jenis makanan. Hal ini dikarenakan, tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi, kecuali ASI (untuk bayi 0-6 bulan). Keragaman jenis makanan bisa melengkapi kebutuhan gizi tubuh dan disebut dengan makanan gizi seimbang. Dengan mengonsumsi makanan beragam, maka zat-zat gizi yang diperlukan tubuh bisa dipenuhi. Pilar Gizi Seimbang juga mencakup higienitas individu. Membiasakan perilaku hidup bersih adalah pilar kedua dari prinsip Gizi Seimbang. Ini penting, karena manfaat pengonsumsian aneka jenis makanan akan dikalibrasi jika makanan terkontaminasi atau tubuh terinfeksi. Kontaminasi bakteri pada tubuh dan makanan bisa dihindari atau setidaknya dikurangi peluangnya dengan meningkatkan kebersihan diri. 1. Menerapkan cara mencuci tangan yang bersih sebelum kontak dengan makanan atau ASI. Seimbang adalah sesuai antara yang masuk dengan yang keluar. Tidak hanya memerhatikan jenis dan jumlah zat gizi yang masuk, Gizi Seimbang juga memerhatikan pengeluaran zat gizi. Oleh karena itu, pilar Gizi Seimbang juga menyentuh aspek kegiatan fisik.


Hal ini bertujuan agar gizi yang masuk seimbang dengan gizi yang keluar. Ketidakseimbangan asupan gizi dan aktivitas fisik bisa menimbulkan masalah gizi (kekurangan atau kelebihan gizi). Pilar Gizi Seimbang yang keempat terkait dengan pilar ketiga. Anda tidak perlu bingung untuk mengetahui apakah pemasukan dan pengeluaran zat gizi Anda sudah seimbang atau belum. Cara sederhana untuk mengetahuinya adalah dengan mengecek IMT Anda. Nilai IMT Anda bisa memberi tahu, pakah Anda sudah memiliki berat badan normal atau belum. Berat badan Anda termasuk normal jika nilai IMT berkisar 18,5 – 25,0. Jika kurang dari 18,5 artinya berat badan Anda kurang, dan jika lebih dari 25 artinya berat badan berlebih. Jadi, penting untuk memantau berat badan dan nilai IMT. Jika IMT dan berat badan sudah normal, maka pertahankan. Namun bila kurang ditingkatkan dan bila berlebih dikurangi.


Pastinya, ini mudah dilakukan bila tekad Anda untuk memiliki tubuh langsing cukup kuat. Ada dua visualisasi gizi seimbang, yaitu dengan menggunakan Tumpeng Gizi Seimbang dan Piring Makanku untuk porsi sekali makan. Tumpeng Gizi Seimbang ditujukan untuk memberi gambaran dan penjelasan sederhana tentang panduan porsi dan jenis makanan gizi seimbang, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan pemantauan berat badan. Visualisasi dengan piring makanku memebrikan panduan porsi makanan gizi seimbang sesuai jenisnya untuk setiap kali makan. Ada beberapa pesan gizi seimbang secara umum yang bisa diterapkan untuk semua kelompok usia mulai dari bayi baru lahir hingga lansia. Pesan Umum Gizi Seimbang ini juga baik diterapkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. 1. Depkes: PEDOMAN GIZI SEIMBANG.


Selain itu, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa susu unta mengandung kolesterol 40% lebih rendah dari susu sapi. Soal kandungan mineral, susu unta boleh dibanggakan, karena sodium dan magnesiumnya cukup tinggi. Sama seperti makhluk mamalia lain, kuda juga memproduksi susu setelah melahirkan. Di Mongolia, Kazakhstan, dan Tibet susu kuda yang difermentasi dijadikan minuman yang su-dah lazim dikonsumsi masyarakatnya. Susu kuda bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menstimulasi pembersihan organ dalam tubuh. Kandungan vitaminnya cukup tinggi. Sedangkan kalori dan lemaknya lebih sedikit dibanding susu sapi. Kandungan albuminnya yang tinggi membuat susu kuda lebih mudah dicerna. Masyarakat Yunani menganggap susu keiedai sebagai obat terbaik. Pada masa Perang Dunia susu keiedai dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan susu para bayi yang tidak bisa mendapat ASI. Kadar asam lemak, mineral, serta vitamin A, B, C, D, dan E-nya sangat tinggi. Itu sebabnya susu ini bisa mencegah penuaan kulit, mampu meregenerasi kulit, dan men|aga kelembabannya. Selain itu, komposisi kan¬dungan gula dan protein susu keiedai mirip dengan komposisi susu manusia. Karena itu, bisa diberikan kepada bayi. Susu kerbau mudah dikenali dari warnanya yang putih bersih. Bahkan, lebih putih dan susu sapi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.