Monday, August 17, 2020

Makanan Sehat Dan Kandungan Gizinya

Menu makanan 5 sehat 4 sempurna penting diwujudkan demi mendapatkan kandungan gizi yang seimbang setiap hari. Simak variasinya berikut ini! Menu 5 sehat 4 sempurna – Sejak kita kecil, pasti sudah diajarkan mengenai 5 sehat 4 sempurna untuk asupan sehari-hari agar tubuh terus sehat. Nah, ajaran 5 sehat 4 sempurna juga banyak diterapkan kepada generasi selanjutnya hingga pada saat kita memiliki buah hati sendiri untuk dirawat. Salah satu cara yang baik dan sehat untuk merawat buah hati adalah dengan asupan yang tepat dengan 5 sehat 4 sempurna ini. Jadi, sebenarnya apa sih 5 sehat 4 sempurna itu? Slogan ini adalah kampanye yang dilakukan pemerintah sejak tahun 1955 untuk membuat masyarakat memahami pola makan yang benar. Makanan pokok sehat terdapat karbohidrat seperti nasi atau kentang, lalu ada lauk pauk, buah dan sayuran, serta dilengkapi susu untuk menyempurnakannya. Namun, makanan 5 sehat 4 sempurna yang itu-itu saja dapat membuat si kecil bosan dan akhirnya meminta asupan yang lain dan lebih bervariasi. Apa saja variasi tersebut?


Yuk, simak di bawah ini! Makanan pokok adalah makanan yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi sehari-hari yang kaya akan karbohidrat. Makanan pokok ini memberikan sifat ketergantungan untuk manusia. Contohnya, pasti kamu akan tetap merasa lapar jika belum mengonsumsi makanan pokok seperti nasi. Maka dari itu, makanan pokok tergolong ke dalam salah satu keperluan pokok manusia. Lauk pauk adalah pendamping makanan pokok yang berfungsi untuk sumber zat pembangun tubuh. Lauk pauk biasanya memiliki kandungan protein yang berguna sebagai pembangun dan pengatur bagi tubuh. Selain itu, protein juga dapat digunakan untuk sumber cadangan energi dan sistem kekebalan tubuh. Masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi ikan yang kaya akan protein dan omega 3 untuk perkembangan otak. Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi yang bernutrisi ini adalah salmon dan tuna. Jika kamu lebih menyukai ayam, kamu dapat mengonsumsi ayam, namun tidak disarankan untuk asupan setiap hari, karena bagian hati dan usus ayam banyak yang mengandung lemak.


Untuk mendapat sumber protein yang tinggi, telur adalah pilihan yang tepat. Pastikan kamu tidak menyingkirkan kuning telur yang mengandung protein paling tinggi. Tapi, perlu dicatat bahwa mengonsumsinya lebih dari 1 perhari juga tidak baik. Makanan favorit Indonesia sejak dulu adalah tempe dan tahu. Harganya tidak hanya murah, tapi sehat dan praktis untuk diolah. Kedua lauk ini mengandung banyak asam amino yang baik untuk tubuh yang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh, menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh, dan membentuk hormon. Sayuran dan buah-buahan adalah asupan yang baik bagi kesehatan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan serta dapat menjaga ketahanan tubuh. Kedua buah-buahan dan sayuran memiliki banyak jenis yang memberikan fungsi dan nutrisi nya masing-masing. Contohnya, sayuran yang baik adalah berwarna hijau dengan kandungan vitamin, serat dan protein nabati. Untuk memilah manfaat dan kegunaan sayur dan buah-buahan, berikut adalah warna-warna sayur dan buah yang berbeda serta kandungan dan manfaatnya. Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan oranye ini memiliki nutrisi gizi yang tinggi.


Selain kaya akan beta karoten, buah dan sayur berwarna oranye atau kuning ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C dan antioksidan. Kandungan antioksidan mampu menetralisir radikal bebas di sekitar tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Untuk beta karoten, buah dan sayur ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Sayuran dan buah-buahan berwarna oranye dan kuning contohnya adalah sebagai berikut; kentang, pisang, wortel, jagung, paprika kuning, jeruk, mangga, hingga lemon. Sayuran hijau kaya akan serat dan sulfur yang membantu hati kamu mendetoksifikasi zat berbahaya yang berpotensi sebagai penyebab kanker. Selain itu, sayuran berwarna hijau ini dapat melindungi perempuan dari kanker ovarium. Untuk kesehatan jantung, sayuran warna hijau juga berperan baik karena kandungan kalium yang tinggi. Sementara itu, kandungan antioksidan dan serat pada sayuran hijau bermanfaat untuk kelancaran pencernaan. Sayuran ini dapat memperlancar sisa-sisa metabolisme dalam tubuh untuk keluar dan merangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia. Sayuran warna hijau yang dapat kamu variasikan adalah bayam, sawi, kangkung, timun, seledri, daun singkong, pare, brokoli.


Sayuran dan buah-buahan berwarna biru dan ungu memang merupakan pilihan yang tidak begitu populer dibandingkan warna lainnya. Walau begitu, sayuran dan buah ini merupakan pelindung tubuh terhadap beberapa penyakit kanker dan baik untuk kesehatan saluran kemih dan memelihara daya ingat kita. Sayuran atau buah berwarna ungu ini mengandung anthocyanins flavanoids yang berfungsi sebagai anti karsinogen yang memusnahkan penyakit kanker pada tubuh. Hal itu disebabkan oleh zat-zat yang mengendap dan melubangi paru-paru, terutama disebabkan oleh zat yang terkandung dalam rokok. Sayuran dan buah-buahan berwarna biru dan ungu adalah terong, buah anggur, blueberry. Sayuran berwarna merah memiliki manfaat yang berguna untuk memperlancar aliran darah ke jantung, melindungi tubuh dari virus, dan mencegah penuaan dini. Selain itu, nutrisi lainnya dalam buah-buahan dan sayuran ini adalah lycopene yang ditemukan dalam semangka dan tomat, yang dikenal dapat menangkal kanker prostat. Sayuran dan buah-buahan berwarna merah contohnya adalah strawberry, pepaya, tomat, jambu, anggur, semangka. Sayuran berwarna putih dapat kamu temukan banyak khasiat dan nutrisi yang sehat untuk tubuh. Contohnya adalah bawang yang merupakan probiotik yang besar, mereka memberi makan bakteri baik yang dalam usus kamu.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.