Monday, August 17, 2020

Makanan Yang Sulit Dicerna Untuk Tubuh

Tak semua makanan bisa dicerna sempurna oleh tubuh. Tujuh makanan ini termasuk diantaranya. Mulai dari gandum hingga jagung. Bagi mereka yang alami masalah pencernaan sebaiknya memperhatikan betul asupan makanannya. Sebab beberapa jenis makanan memang sulit dicerna tubuh. Akibatnya perut bisa bergas atau sisa makanan keluar utuh pada tinja. Insider (15/2) merangkum informasinya seperti berikut. Serat terbagi dalam dua jenis yaitu serat tak larut dan larut. Untuk serat tak larut jenisnya ada beberapa sayuran dan gandum utuh. Sementara serat larut berupa buah, beberapa sayuran, kacang-kacangan, dan oat. Kedua jenis serat ini ternyata sulit dicerna tubuh. Meski begitu, ahli gizi Chelsea Amengual menekankan serat sangat dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan. Keripik kentang kemasan, permen, dan sereal sarapan kemasan adalah jenis makanan olahan tinggi. Makanan ini juga membuat tubuh berjuang mencernanya. Ini karena banyaknya bahan tambahan atau pengawet di dalamnya. Amengual mengungkap, “Bahan kimia seperti nitrat, pengganti lemak buatan, dan asam fosfat berpotensi sebabkan iritas lapisan usus.” Bukan tidak mungkin konsumsi jangka panjang bisa memberi efek buruk kesehatan lainnya.


Beberapa orang kesulitan mencerna produk olahan susu karena kekurangan suatu jenis enzim. Akibatnya mereka bisa alami nyeri perut setelah mengonsumsi milkshake. Amengual. Meski begitu, mereka yang intoleran laktosa masih bisa makan yogurt dan aged cheese karena bakteri pada kedua produk tersebut ‘memberi makan’ gula dan mencernanya untuk seseorang. Ada alasan mengapa perut terasa tak enak setelah mengonsumsi bijian mentah. Termasuk biji bungan matahari, wijen, atau biji chia. Bijian ini ternyata mengandung asam fitat. Adanya asam fitat bisa mengganggu penyerapan mineral oleh tubuh, kata ahli gizi Brynn McDowell. Untuk mengatasinya disarankan merendam biji-bijian sebelum makan untuk bantu kurangi kadar asam fitat. Tak perlu heran mengapa jagung kadang berbentuk utuh saat Anda buang air besar. Tubuh ternyata kesulitan mencerna sayuran ini. McDowell menjelaskan kalau jagung mengandung selulosa. Paprika sering dipakai untuk memberi sentuhan warna cantik pada makanan. Hanya saja paprika memiliki kulit keras dan berserat. Karena inilah tubuh sulit mencernanya terutama jika dimakan dalam keadaan mentah. McDowell. Hal ini di sebagian orang juga menyebabkan sakit perut dan perut bergas. Sebagai solusi, kulit paprika bisa dihilangkan sebelum diolah. Amengual menjelaskan, “Pemanis bebas gula seperti aspartame tidak mengandung kalori dan tidak sepenuhhnya dicerna tubuh.” Ia menambahkan, meski begitu jenis pemanis ini bisa bermanfaat bagi orang-orang diabetes atau memiliki masalah lain dengan regulasi gula darah.


Piramida makanan merupakan penyempurnaan dari 5 sehat 4 sempurna. Prinsip 5 sehat 4 sempurna adalah pemenuhan menu makanan dengan sasaran ideal berupa gizi yang seimbang yang diperlukan bagi tubuh, meliputi pemenuhan pada makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Diharapkan dengan mengkonsumsi menu tersebut maka tubuh akan mendapatkan asupan sumber kalori sebagai tenaga, protein sebagai pembangun, sayur dan buah sebagai sumber vitamin serta mineral untuk pemeliharaan. Seiring dengan perkembangan jaman, pola gizi seimbang 5 sehat 4 sempurna ini dirasa mengalami pergeseran, setelah di dapati banyaknya ditemukan masalah kegemukan dan obesitas di tengah masyarakat. 5 sehat 4 sempurna dianggap tidak perlu dikonsumsi sekaligus dalam satu waktu makan, namun sebaliknya harus bergantian. Susu sebagai penyempurna dianggap tidak dianggap wajib dikonsumsi. Sehingga perlu adanya pedoman baru tentang pemenuhan gizi seimbang yang sudah disesuaikan dengan perkembangan terkini, yaitu Pedoman Gizi Seimbang, dimana pada Pedoman Gizi Seimbang masyarakat harus memperhatikan sendiri kebutuhan gizinya berdasarkan aktivitas dan kebutuhan nutrisi harian, yang akan berbeda untuk setiap orang. Sumber energi/tenaga : Semua jenis makanan Serelia meliputi padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dan lain-lain. Sumber zat pembangun : ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom,susu kedelai. Baca label pada makanan yang dikemas. Selain itu, pedoman WHO yang telah dikeluarkan lebih menitik beratkan piramida makanan, yang menempatkan serealia di dasar piramida yang paling besar, di atasnya buah-buahan dan sayur-sayuran, semakin ke atas adalah protein nabati berupa tahu. Jadi 60-80 persen kalori datang dari karbohidrat, 30 persen dari protein, dan sisanya dari lemak.


Makanan merupakan sumber energy bagi tubuh kita, makanan juga bisa membawa penyakit. Ini semua tergantung pada jenis makanan yang kita pilih untuk dikonsumsi dan apakah anda sudah mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang. Saat ini orang cenderung menjalani pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Hal ini ditandai oleh kegemaran mengkonsumsi makanan instan dan makanan junk food yang banyak mengandung bahan pengawet dan zat buatan, seperti pemanis buatan yang dapat merusak tubuh. Selain itu banyak orang juga senang mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkolestrol tinggi dalam jumlah yang berlebih. Hal inilah yang menjadikan sistem kekebalah tubuh menurun dan sekarang ini banyak orang mudah terjangkit penyakit yang kronis seperti jantung, asam urat, dan diabetes, bahkan mereka yang berusia muda pun mulai terserang penyakit ini. Kini saatnya kita kembali hidup sehat dengan mengenal kandungan gizi pada makanan 5 sehat 4 sempurna. Makanan merupakan asupan yang sangat mempengaruhi tubuh serta fikiran. Karena itu kita membutuhkan asupan makanan yang sesuai untuk memenuhi kriteria makanan sehat, seimbang dan bergizi. 5 sehat 4 sempurna merupakan makanan sehat yang mencakup berbagai asupan gizi penting bagi tubuh kita. Manfaat gizi makanan 5 sehat 4 sempurna akan membuat tubuh kita sehat, kuat dan terhindar dari penyakit .


5 sehat 4 sempurna adalah menu yang seimbang bagi tubuh manusia. Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung zat karbohidrat yang berguna sebagai sumber tenaga pada tubuh kita untuk dapat melakukan aktivitas sehari hari. Makanan pokok dapat berupa : nasi, kentang, umbi umbian, gandum, tepung terigu, oat dan jagung. Lauk pauk merupakan makanan yang mengandung zat protein yang berguna sebagai zat pembangun pada tubuh yang dapat mengganti sel sel tubuh yang rusak dengan sel sel baru (memperbaharui sel). Beberapa makanan yang di sebut lauk pauk yaitu : tempe, tahu, ikan,daging, ayam, telur. Sayur sayuran memiliki zat yang dapat memenuhi kebutuhan zat pengatur dalam tubuh kita. Zat pengatur berguna untuk mengatur tindakan yang ingin kita lakukan. Berikut ini adalah sayuran yang baik untuk di konsumsi yaitu bayam, kangkung, labu siam, kacang pajang, kol, buncis, tomat, cabe dan terong. Buah buahan biasa digunakan sebagai pencuci mulut setelah kita selesai memakan makanan berat seperti nasi. Fungsi dari buah buahan sebenarnya hampir sama dengan sayur – sayuran yaitu melengkapi kebutuhan zat pengatur pada tubuh manusia.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.